PENDAPAT AKHIR FPKS DPRD BASEL TENTANG PENGUJIAN BERKALA KENDARAAN BERMOTOR

Bismillahirohmanirohim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Salam Sejahtera untuk kita semua

Yth : Sdr Ketua ,Wakil Ketua dan Para Anggota DPRD Bangka Selatan
Yth : Sdr Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan.
Yth : Bpk Kapolres Bangka Selatan Atau yg mewakili
Yth : BPk Dandim 0413 Bangka Atau yang mewakili
Yth : Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan
Yang Kami Hormat:
– Sdr Sekretaris daerah beserta Asisten Bangka Selatan
– Para kepala instansi vertical, pejabat Struktural di lingkungan Bangka Selatan
– Para camat, lurah dan Kepala Desa di lingkungan Bangka Selatan.
– Sdr diruktur badan usaha milik daerah Bangka selatan.
– Para kepala Bank yang ada di Bangka selatan.
– Ketua Tim Penggerak PKK Bangka Selatan
– Ketua Dharma Wanita Bangka Selatan
– Para Ketua Organisasi politik, Organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Bangka Selatan.
– Tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,insane pers dan hadirin yang berbahagia

PENDAPAT AKHIR
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
TERHADAP
PERDA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR

Rapat , Dewam Yang Terhormat,

Segala puji bagi Allah Azza wa jalla, yang atas berkat rahmat dan nikmat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini pada acara rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bangka Selatan terhadap penetapan Perda Pengujian Kendaraan Bermotor.

Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada uswah hasanah kita Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabat yang setia mengikuti sunahnya , semoga kita termasuk di dalamnya . Amin.

Rapat Dewan Yang Terhormat,

Telah ditetapkannya perda retribusi Pengujian Kendaraan bermotor yang mengacu pada Undang-Undang 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah, namun belum diikuti dengan adanya produk hukum tentang pengujian kendaraan bermotor yang memuat secara detail tentang tatacara proses pengujian kendaraan bermotor tersebut. Dan sekarang sudah dalam tahap akhir pembahasan yang dilakukan oleh panitia Khusus DPRD Bangka Selatan

Dan setelah dibahas dalam rapat internal Fraksi PKS ( PKS dan Hanura ) , maka kami FPKS ( PKS dan Hanura ) menganggap bahwa peraturan daerah tentang pengujian kendaraan bermotor ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan daerah tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor yang telah terlebih dulu ditetapkan yang seharusnya berada dalam satu kesatuan yang tidak perlu dibuat terpisah dari peraturan daerah tentang retribusi pengujian kendaraan bermotor. Karena perda tentang pengujian kendaraan bermotor ini mempunyai content tentang tata cara pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang merupakan dasar penetapan pengenaan besarnya nominal Retribusi pengujian kendaraan bermotor.
Kami FPKS ( PKS dan Hanura ) mengingatkan dan berharap adanya peraturan daerah tentang pengujian kendaraan ini sebagai media dalam usaha meningkatkan pelayanan dalam pengujian kendaraan bermotor dan bukan semata-mata hanya berorientasi pada upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah saja. Dan dengan adanya perda tentang Pengujian Kendaraan bermotor ini justru membuat pelayanan terhadap proses pengujian kendaraan bermotor ini menjadi lebih efektif dan tidak lagi melalui birokrasi yang berbelit-belit yang justru menyebabkan objek retribusi malas membayar retribusi akibat adanya birokrasi yagn rumit tersebut.

Dan yang tak kala penting adalah adanya perda pengujian kendaraan bermotor ini dapat memberikan multiflier effect sebagai akibat danya pemberlakuan uji kendaraan bermotor yang ketat disiplin tanpa adanya toleransi yaitu dapat menurunkan angka kecelakaan lalulintas dan angkutan jalan sebagaimana tujuan dari adanya uji berkala yang menitikberatkan terhadap laik tidaknya suatu kendaraan itu digunakan untuk beraktivitas di jalan raya.

Sidang Paripurna yang Terhormat,

Setelah melakukan pembahasan pada rapat internal fraksi dan menganalisa dampak yang timbul akibat belum adanya perda pengujian kendaraan bermotor ini, dan memperkiraan dampak positif yang akan ditimbulkan dari diberlakukannya peraturan daerah tentang pengujian kendaraan bermotor ini. Dan sebagaimana yang sudah diamanatkan dalam Undang-Undang 22 Tahun 2009 pasal 49 sampai dengan pasal 59 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan dan Keputusan Menteri perhubungan No : KM 9 Tahun 2004 tentang pengujian Tipe Kendaraan bermotor, maka FPKS ( PKS dan Hanura ) menyetujui untuk menetapkan Raperda Pengujian Kendaraan bermotor menjadi Perda Kabupaten Bangka Selatan tentang Pengujian Kendaraan Bermotor.

Sidang Paripurna yang Terhormat,

Dan kami FPKS Menyarankan untuk melengkapi Perda Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor dan Perda Pengujian Kendaraan Bermotor agar bisa berjalan efektif dan efisien , Pelayanan Pengujian Kendaraan bermotor lancar dan Pendapatan Asli Daerah meningkat , maka Pemerintah Bangka Selatan melalui Dinas Perhubungan Agar memfolow up hal-hal sbb:

1. Segera menganggarkan Belanja Pengadaan asset tetap berupa Gedung beserta peralatan Pengujian yang complete untuk menunjang proses pelayanan pengujian kendaraan bermotor tersebut.

2. Membuat jadwal pengujian kendaraan bermotor berjalan pada setiap kecamatan secara periodic yang disesuaikan dengan jumlah kendaraan yang akan diuji di setiap kecamatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan proses pengujian kendaraan tersebut.

Sidang Paripurna Yang Terhormat,

Demikianlah Pendapat akhir dari F-PKS ( PKS dan Hanura ) tentang penetapan perda pengujian kendaraan bermotor.. Dan jika ada khilaf dan salah dalam penyampaian pendapat akhir fraksi ini kami mohon maaf.

Wabillahi Taaufiq Walhidayah
Wassalamu’alaikum Wahromatullahi Wabarokatuh

Toboali , 3 Oktober 2011
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA ( PKS dan HANURA )
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN BANGKA SELATAN

Ketua Sekretaris

( KAPID MA’ID ) ( SAMSIR.ST )

Anggota
1. SOPYAN MB . SH Wk. Ketua
2. AMBO UPE JUPRI Anggota
3. ZAYADI Anggota

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s