Pandangan Umum Fraksi PKS DPRD BASEL tentang Penyampaian RAPBD Tahun 2012

Bismillahirohmanirrohim
Asalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Selamat sore dan Salam sejahtera untuk kita semua

Yth sdr Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan
Yth Sdr Ketua ,Wakil Ketua dan Anggota DPRD Bangka Selatan
Yth Sdr Kepala Kejaksaan Negeri Toboali
Yth Sdr Kapolres Bangka Selatan
Yth .Sdr Dandim 0413 Bangka atau yang mewakili
Yang Kami Hormati
– Sdr Sekretaris Daerah dan Assisten sekretaris Daerah Bangka Selatan
– Kepala Instansi vertical, pejabat struktural di lingkngan Bangka Selatan.
– Para Camat, Lurah, dan Kepala Desa di lingkungan Bangka Selatan
– Para Kepala Bank yang ada di lingkungan Bangka Selatan
– Para kepala Bumn dan Bumd yang ada di Bangka Selatan
– Para ketua Organisasi Politik, Organisasi Penuda dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di bangka selatan.
– Tokoh agama, toko masyarakat, tokoh pemuda, insan pers dan hadirin undangan yang berbahagia.

PANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA ( PKS DAN HANURA )
TERHADAP PENYAMPAIAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN ANGGARAN 2012

Sidang Paripurna yang Terhormat,
Alhamdulillahi robbil alamin atas rahmah, hidayah dan inayah-Nya pada hari ini kita masih diberikan rezeki berupa kesempatan untuk berkumpul dalam frame Sidang Paripurna tentang penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran Tahun 2012.
Sholawat serta salam kita haturkan kepada teladan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari jalan kegelalapan ke alam yang terang benderang yang diridhoi Allah SWT seperti sekarang ini.
Sidang Paripurana yang Terhormat,
Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) merupakan salahsatu tahapan dalam upaya mewujudkan dan mencapai target pembangunan 5 tahun ke depan sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD periode 2010-2015.
APBD juga merupakan proses lanjutan dari Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafond Anggaran Sementara yang sudah bersifat kuantitatif yang menjabarkan secara detail program dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh setiap SKPD dalam upaya mentransfer kebijakan umum anggaran ke dalam bentuk program satu tahunan sesuai dengan skala prioritas yang dibutuhkan.
Oleh sebab itu Anggaran yang akan dialokasi kepada setiap program atau kegiatan pada tahun anggaran 2012 betul-betul harus ada kesinkronan dengan KUA PPAS tahun anggaran 2012 serta tidak menyimpang dengan KUA PPAS propinsi maupun Pemerintah Pusat sebagai mana yang sudah diatur dalam Permendagri No 21 tahun 2011 tentang Perubahan kedua atas permendagri no 13 tahun 2006 tentang pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah dan Permendagri no 22 tentang pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2012.
Sidang Paripurna Yang Terhormat,
Mengingat urgensitas dari APBD dalam tahapan penyelenggaraan suatu pemerintahan ,maka pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun 2012 ini merupakan keharusan untuk dilakukan pembahasan sebagaimana yang sudah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah no 58 tahun 2005 tentang pengelolaan Keuangan Daerah dengan berpedoman kepada Permendagri no 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua permendagri no 13 tahun 2006 tentang Pedoman pengelolaan keuangan daerah dan permendagri no 22 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah tahun 2012.
Dalam Penetapan Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah ini agar mencermikan kebutuhan riel masyarakat ditataran bawah dan juga harus berdasarkan rencana pencapaian misi dan visi pemerintah Kabupaten Bangka Selatan maka penetapan alokasi anggaran harus didasarkan kepada rencana kerja kerja Pemerintah Daerah ( RKPD ) yang merupakan kombinasi hasil dari tahapan musrenbang dari tingkat desa sampai kabupaten dengan hasil reses DPRD Bangka Selatan.
Sidang Paripurna yang Terhormat,
Berdasarkan argumentasi diatas maka kami Fraksi Partai Keadilan Sejahtera , menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun 2012 kabupaten Bangka Selatan untuk dibahas lebih lanjut sebagaimana peraturan perundangan-undangan yang berlaku, dengan beberapa catatan strategis yang harus diakomodir dalam proses penganggaran nanti adalah sebagai berikut
1. Program atau kegiatan yang akan dianggarkan harus sinkron dengan Kebijakan Umum Anggaran yang diselaraskan dengan Prioritas plafond anggaran sementara tahun anggaran 2012.

2. Dan khsusus untuk alokasi Dana hibah Dan dana bantuan sosial agar dialokasikan sesuai dengan ajuan yang masuk berdasarkan pada proposal yang masuk sebagaimana yang sudah diatur dalam permendagri 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian dana hibah dan dana bantuan sosial.

3. Adanya Belanja Pemeliharaan bibit karet, pengadaan Pupuk pada dan perluasan areal kebun karet pada Dinas Perkebunan dan kehutanan agar ditinjau kembali karena pada belanja daerah pada anggaran tahun 2011 tidak ada kegiatan pembibitan karet yang ada adalah pengadaan bibit karet yang termasuk dalam penanaman karet yang outputnya sampai proses distribusi, maka tidak perlu lagi ada belanja pemeliharaan. Jika ini dilakukan maka pemerintah Kabupaten harus membuat peraturan daerah tentang program multi years sebagai landasan hukum pengalokasian anggaran berkelanjutan setiap tahunnya.

4. Dalam Usaha advokasi alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat khususnya dari Dirjen Pengembangan Destinasi Wisata, maka diperlukan Adanya Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah ( RIPDA ) sebagai persyaratan utama untuk keluarnya bantuan alokasi dana dari pemerintah pusat melalui Departemen Pekerjaan umum, Kementrian Kelautan perikanan, Perhubungan dan Dari Badan Kepubakalaan Indonesia. Maka untuk itu kami menyarankan agar ada alokasi anggaran untuk program penyusunan RIPDA tersebut sebesar Rp 400 Juta.

5. Adanya Alokasi Anggaran dari APBN tentang pengadaan Air bersih di Daerah Air Gegas dan Payung , mohon Dialokasikan Anggaran untuk Dana Pendamping sebagai syarat untuk penyerapan Anggaran APBN tersebut.
Sidang Paripurna Yang Terhormat,
Demikianlah Pandangan Umum Fraksi PKS ( PKS dan Hanura ) ini kami sampaikan , mohon maaf jika ada salah dan khilaf dalam proses penyampaian ini

Fastabiqul Khoirot
Wabillahi Taaufiq Walhidayah
Wassalamu’alaikum Wahromatullahi Wabarokatuh

Toboali , 21 November 2011
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN BANGKA SELATAN

Ketua Sekretaris

( KAPID MA’ID ) ( SAMSIR.ST )

Anggota
1. SOPYAN MB Wk. Ketua
2. AMBO UPE JUPRI Anggota
3. ZAYADI Anggota

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s