Pendapat Akhir FPKS DPRD BASEL tentang Nota Kesepakatan KUA PPAS Basel 2012

Bismillahirohmanirrohim
Asalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Selamat sore dan Salam sejahtera untuk kita semua

Yth sdr Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan
Yth Sdr Ketua ,Wakil Ketua dan Anggota DPRD Bangka Selatan
Yth Sdr Kepala Kejaksaan Negeri Toboali
Yth Sdr Kapolres Bangka Selatan
Yth .Sdr Dandim 0413 Bangka atau yang mewakili
Yang Kami Hormati
– Sdr Sekretaris Daerah dan Assisten sekretaris Daerah Bangka Selatan
– Kepala Instansi vertical, pejabat struktural di lingkngan Bangka Selatan.
– Para Camat, Lurah, dan Kepala Desa di lingkungan Bangka Selatan
– Para Kepala Bank yang ada di lingkungan Bangka Selatan
– Para kepala Bumn dan Bumd yang ada di Bangka Selatan
– Para ketua Organisasi Politik, Organisasi Penuda dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di bangka selatan.
– Tokoh agama, toko masyarakat, tokoh pemuda, insan pers dan hadirin undangan yang berbahagia.

PENDAPAT AKHIR FRAKSI PKS ( PKS DAN HANURA )
TERHADAP NOTA KESEPAKATAN KUA-PPAS TAHUN ANGGARAN 2012
KABUPATEN BANGKA SELATAN

Sidang Paripurna Yang Terhormat,

Alhamdulillah atas kehadirat Allah SWT sehingga pada hari ini kita masih bisa melaksanakan sidang paripurna dalam rangka penetapan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafond Anggaran Sementara Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2012.

Sholawat serta salam patut kita haturkan kepada Uswah kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah menghantarkan kita dari alam kegelapan ke alam yang terang benderang seperti sekarang ini.

Sidang Paripurna Yang Terhormat,

Setelah mempelajari , menela’ah dan menganalisa secara teliti berdasarkan Masukan dari Anggota Banggar dari Fraksi PKS ( PKS dan Hanura ) serta berpedoman kepada Permendagri no 59 tahun 2008 tentang perubahan atas perauran menteri dalam Negeri no 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, Permendagri no 21 tahun 2011 tentang perubahan kedua atas peraturan menteri dalam negeri no 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, peraturan menteri dalam negeri no 22 tahun 2011 tentang pedoman penyusunan APBD Tahun Anggaran 2012 dan Peraturan Pemerintah no 58 tahun 2005 tentang pengelolaan Keuangan daerah.
Maka FPKS ( PKS dan Hanura ) memberikan beberapa catatan strategis yang perlu ditindaklanjuti untuk kesempurnaan Nota Kesepakatan KUA PPAS tahun anggaran 2012 sebagai berikut :

1. Pada Rancangan KUA PPAS khususnya BAB III tentang ASUMSI-ASUMSI DASAR DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN tidak mencerminkan asumsi –asumsi yang ada di kabupaten Bangka Selatan Tetapi merupakan Asumsi-asumsi dasar untuk RAPBN, untuk itu Kami FPKS menyarankan agar Asumsi-asumsi dasar yang ada berdasarkan kondisi faktual yang ada di daerah Bangka Selatan berdasarkan pada pertimbangan perkembangan ekonomi makro daerah dan perubahan kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh pemerintah.

2. Belum optimalnya penagihan atas piutang objek pajak yang disebabkan lemahnya SDM aparatur pengelolaan pendapatan daerah sehingga objek pajak tidak patuh terhadap Peraturan Daerah Tentang Pajak dan Retribusi daerah, maka kami FPKS ( PKS dan Hanura ) menyarankan Target Pajak Daerah Dinaikan menjadi 3 Milyar dan Retribusi Daerah dinaikan menjadi 1,6 Milyar. Dan untuk mencapai target tersebut Pemerintah Kabupaten Aparatur pendapatan Daerah harus bertindak tegas terhadap pelanggaran dari Peraturan Daerah dengan memberdayakan peran satuan polisi pamong praja dalam upaya penegakan Peraturan Daerah khususnya yang bersentuhan dengan Peraturan daerah tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

3. Dalam upaya peningkatan pedapatan asli daerah ( PAD ) belum dilibatkanya secara maksimal peran aparat Kecamatan, kelurahan dan Kepala Desa dalam proses pemungutan Pendapatan Asli Daerah , maka kami FPKS menyarankan agar memberdayakan aparatur Kecamatan, Kelurahan Dan desa dalam usaha pemungutan PAD dengan memberikan reward kepada aparatur pengelola pendapatan daerah yang melampau target atau tercapai lebih cepat dari waktu yang sudah ditentukan. Disamping itu perlu juga memberikan Punishment bagi aparatur pengelola PAD apabila tidak tercapai dan wajib pajak /retribusi lalai memenuhi kewajbiannya sebagaimana perundang-undangan yang berlaku.

4. Dalam Rangka intensifikasi/ekstensifikasi PAD, maka FPKS ( PKS dan Hanura menyaranakan agar pemerintah Kabupaten melaksanakan kegiatan dan program sbb

a. Melakukan monitoring di lapangan terhadap pemungutan dan penagihan pajak/retribusi daerah yang ada di kabupaten Bangka Selatan berdasarkan Peraturan Daerah yang sudah ditetapkan.
b. Melaksanakan Rapat Evaluasi Tentang realisasi PAD untuk mencari solusi atas tidak tercapainya target pencapaian PAD sampai Bulan berjalan.
c. Menginventarisir dan berupaya menyelesaikan setiap permasalahan terhadap penunggakan pajak/retribusi daerah.

5. Agar terciptanya penganggaran yang tepat guna dan tepat sasaran dengan kemampuan keuangan yang rendah, maka FPKS menyarankan agar adanya usaha efesiensi dan penghematan Anggaran dengan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan yang berdasarkan pada tingkat urgensitas kegiatan dengan mengikuti skala prioritas kebutuhan riil di lapangan.

Sidang Paripurna Yang terhormat,

Berdasarkan tela’ah diatas, maka kami FPKS ( PKS dan Hanura ) menyetujui untuk Menetapkan rancangan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun Anggaran 2012 menjadi Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun anggaran 2012, dengan catatan harus mengakomodir catatan strategis dan saran yang seperti diatas.

Sidang Paripurna Yang Terhormat,

Demikianlah Pendapat akhir FPKS ini kami sampaikan kurang dan lebihnya kami mohon maaf.
Wassalamu’alaikum wr.Wb

Fastabiqul Khoirot
Wabillahi Taaufiq Walhidayah
Wassalamu’alaikum Wahromatullahi Wabarokatuh

Toboali , 21 November 2011
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH
KABUPATEN BANGKA SELATAN

Ketua Sekretaris

( KAPID MA’ID ) ( SAMSIR.ST )

Anggota
1. SOPYAN MB Wk. Ketua
2. AMBO UPE JUPRI Anggota
3. ZAYADI Anggota

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s