PENDAPAT AKHIR FPKS TERHADAP PENETAPAN PERDA TENTANG PERUBAHAN KEDUA ORGANISASI DINAS DAERAH DAN ORGANISASI LEMBAGA TEHNIS DAERAH KABUPATEN BANGKA SELATAN

Bismillahirohmanirohim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua

 

Yth : Sdr Ketua ,Wakil Ketua dan Para Anggota DPRD Bangka Selatan

Yth : Sdr Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan.

Yth : Bpk Kapolres Bangka Selatan Atau yg mewakili

Yth : BPk Dandim 0413 Bangka Atau yang mewakili

Yth : Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan

Yang Kami Hormat:

–         Sdr Sekretaris daerah beserta Asisten Bangka Selatan

–         Para kepala instansi vertical, pejabat Struktural di lingkungan Bangka Selatan

–         Para camat, lurah dan Kepala Desa di lingkungan Bangka Selatan.

–         Sdr diruktur badan usaha milik daerah Bangka selatan.

–         Para kepala Bank yang ada di Bangka selatan.

–         Ketua Tim Penggerak PKK Bangka Selatan

–         Ketua Dharma Wanita Bangka Selatan

–         Para Ketua Organisasi politik, Organisasi pemuda dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Bangka Selatan.

–         Tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda,insane pers dan hadirin yang berbahagia

 

 

 

PENDAPAT AKHIR

 FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

TERHADAP

PERDA TENTANG PERUBAHAN KEDUA PERDA NO 13 DAN 14 TENTANG LEMBAGA TEHNIS DAN DINAS DAERAH

KABUPATEN BANGKA SELATA

Rapat Paripurna  Yang Terhormat,

 Alhamdulillahirobil Alamin, segala puji bagi Allah Azza Wa Jalla yang berkat atas rahmat, hidayah serta inayah-Nya kita dapat berkumpul di ruang Paripurna DPRD Bangka Selatan ini dalam acara Rapat Paripurna penyampaian Pendapat Akhir Peraturan Daerah Bangka Selatan tentang perubahan kedua atas perda no 13 tentang Lembaga Tehnis Daerah dan Perda no 14 tentang Lembaga Dinas Daerah.

 Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Uswah Hasanah kita nabi Muhammad SAW , beserta Keluarga dan para sahabat yang setia mengikuti sunnahnya, semoga kita termasuk di dalamnya. Amin.

Sidang Paripurna dan hadirin yang terhormat,

 Seiring dengan dinamika perkembangan daerah Bangka Selatan dan adanya perubahan struktur di tingkat Pemerintah Pusat dan adanya kajian baik dari unsur penyeimbang dan pemerikasa kinerja , sehingga perlu untuk diadakan perubahan struktur organisasi di daerah bangka selatan untuk menyesuaikan dengan perubahan yang diamanatkan oleh Undang-undang maupun yang berhubungan dengan frame otonomi daerah yang memberikan daerah untuk membentuk organisasi dinas daerah ataupun organisasi lembaga daerah sesuai dengan kebutuhan daerah.

 Organisasi perangkat daerah dibentuk berdasarkan perimbangan kewenangan yang dimiliki daerah, karakteristik, potensi dan kebutuhan daerah, kemampuan keuangan daerah, ketersediaan sumber daya aparatur dan pengembangan pola kerjasama antar daerah/dan dengan pihak ketiga.

 Perubahan organisasi perangkat daerah mempunyai arti penting dalam mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang lebih efektif, terutama dalam melaksanakan misi pemerintahan sebagaimana yang diatur dalam undang –undang no 32 tahun 2004 . Organisasi yang bentuk haruslah sebatas kewenangan yang dimiliki oleh daerah otonom .

 Sidang Paripurna yang Terhormat,

 Organisasi  yang dibentuk ataupun yang dirubah haruslah diarahkan pada upaya mengoptimalkan pelayanan masyarakat ( public service ), pemberdayaan masyarakat ( Public Empowering ) dan pengembangan ekonomi ( Economic Development ). Salah satu faktor strategis yang menentukan efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan otonomi daerah adalah adanya organisasi perangkat daerah yang sesuai dengan kebutuhan daerah, potensi dan sumber daya yang dimiliki daerah.

 Organisasi perangkat daerah dianggap penting karena untuk menyelenggarakan otonomi daerah diperlukan instrumen kelembagaan yang mewadahi , mengkoordinir, mengendalikan sumber daya dan perilaku dalam rangka mencapai tujuan organisasi pemerintah daerah.  Bahkan kami berharap melalui instrumen organisasi perangkat daerah , dapat merencanakan , mengimplementasikan , mengawasi dan mengevaluasi suatu tujuan, program dan kegiatan dalam mencapai visi dan misi daerah.

 Sidang Paripurna  Yang Terhormat,

 Adanya Undang – Undang no 52 tahun 2009 Pasal 54 ayat 1 bahwa dalam rangka pengendalian penduduk dan penyelenggaraan Keluarga Berencana agar daerah membentuk BKKBD. Untuk memenuhi tuntutan amanat UU no 52 tahun 2009 maka merupakan keharusan daerah merubah kantor Keluarga Berencana  pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak menjadi Badan Kependudukan Keluarga Berencana Daerah . Dan demi untuk efesiensi anggaran maka Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan merupakan bagian dari BKKBD.

 Adanya Rekomendasi BPK RI dalam LHP BPK RI tahun 2012 yang merupakan LHP tahun anggaran 2012 bahwa harus ada pemisahan bagian Aset dengan Pembendaharaan serta adannya Seksi khusus PBB dan BPHTB di DPPKAD sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan untuk pengelolaan pendapatan, aset dan pemberdayaan yang lebih efisien dan efektive.

 Dan khusus Dinas perindustrian, perdagangan dan koperasi UKM, adanya perubahan bagian dan seksi seperti koperasi dan usaha kecil dan menengah sebagai upaya menyesuaikan dengan kebutuhan daerah.

 Dan khusus Dinas Pariwisata adanya perubahan nomenklatur di pemerintah Pusat menjadi pariwisata dan ekonomi kreatif, walaupun bukan merupakan keharusan  daerah untuk mengikuti perubahan tersebut namun perlu untuk diakomodir di dinas pariwisata dan dimasukan pada salah satu seksi di Dinas Pariwisata daerah.

 Sidang Paripurna Yang Terhormat,

 Menjawab permintaan Kepala Daerah  yang berkeinginan membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah  sebagaiamana yang dijabarkan dalam UU no 24 Tahun 2007,  bahwa kondisi geografis bangka selatan yang bukan merupakan daerah rawan bencana  dan belum dibutuhkan Badan Penanggulangan Bencana. Hal ini ditinjau dari berbagai aspek bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah belum begitu urgen dan cukup ditangani oleh Dinas sosial dengan Tagana-nya serta di Kesbangpol dengan bagian penanggulangan bencana . Adapun aspek-aspek yang menjadi alasan bahwa Badan penanggulangan Bencana Daerah belum dibutuhkan adalah : 

  1. Di Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah tidak ada ditetapkan zonanisasi daerah rawan bencana , hal ini dikarenakan karena Wilayah Bangka Selatan bukan merupakan Daerah Rawan Bencana ( dan hanya ada bencana berskala kecil seperti Angin puting beliung dan banjir kecil ).
  2. Dari sisi kategori bencana yaitu : bencana Alam, bencana Non Alam dan Bencana Sosial , di Wilayah Bangka Selatan tidak satupun memenuhi kreteria bencana tersebut.
  3. Dari sisi kemampuan keuangan daerah, bahwa dengan dibentuknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah akan menyedot anggaran rutin untuk operasional diatas 400 jutaan pertahun.

 Sidang Paripurna Yang Terhormat,

 Berdasarkan alasan dan pertimbangan seperti diatas, maka Kami FPKS ( PKS dan Hanura ) setuju untuk menetapkan raperda Perubahan atas perda no 13 dan perda no 14 tentang Organisasi Perangkat daerah menjadi Perda Kabupaten Bangka Selatan.

Dan  Kami FPKS ( PKS dan Hanura ) menyarankan agar Pemkab Bangka Selatan agar mengakomodir perubahan ini dalam pengalokasian anggaran pada KUA PPAS Tahun Anggaran 2013.

 Wabillahi Taaufiq Walhidayah

Wassalamu’alaikum Wahromatullahi Wabarokatuh

 

Toboali ,  01 Agustus 2012

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA( PKS dan HANURA )

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN BANGKA SELATAN

 

Ketua                                                                                                    Sekretaris

 

 

( KAPID MA’ID )                                                                               (  SAMSIR.ST  )

 

Anggota

  1. SOPYAN MB . SH                                    Wk. Ketua
  2. AMBO UPE JUPRI                                   Anggota
  3. ZAYADI                                                     Anggota

 

 

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s