PERDA PENYELENGGARAN ANGKUTAN BARANG DI JALAN BERHARAP KURANGI LAKA

TOBOALI – Fraksi PKS dan Hanura mengharapkan dengan ditetapkannya Perda Angkutan Barang dapat berimbas pemeliharaan jalan yang baik karena adanya pengaturan volume angkutan yang dibatasi untuk melewati jalan yang ada di wilayah Basel. Selain itu, dapat mengurangi angka terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat dari kelebihan muatan barang yang tidak sesuai dengan kapasitas angkut kendaraan barang dan umum serta adanya pengaturan angkutan barang.
“Tentunya dengan Perda Angkutan Barang ini, imbasnya pemeliharaan jalan dapat berjalan dengan baik karena volume kendaraan akan dibatasi, selain itu, angka lakalantas kita harapkan akan berkurang karena volume kendaraan akan dipantau,” ungkap Samsir, Sekretaris Fraksi PKS Hanura kepada wartawan belum lama ini.
FPKS juga menyarankan kepada Pemkab Basel agar memikirkan untuk membuat peraturan daerah lanjutan yang menyatakan tentang kelebihan muatan barang. Yang disesuaikan dengan klasifikasi jalan kabupaten sehingga life of time jalan menjadi panjang yang berimbang pada menurunnya biaya pemeliharaan dalam kurun waktu tertentu.
“Namun sebaiknya dipikirkan untuk Perda lanjutan, kelebihan muatan seperti apa, untuk jenis jalan seperti apa yang dikatakan kelebihan muatan,” imbuh Samsir. Sementara itu, Bupati Basel, H Jamro dalam sambutan Rabu (5/9/2012) lalu mengungkapkan Perda Penyelenggaraan Angkutan Barang di Lalu Lintas Jalan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang administrasi penyelenggaraan angkutan barang di jalan guna mewujudkan kelancaran, keamanan, dan ketertiban administrasi.
Untuk tertibnya pengoperasian angkutan barang, jalan yang dilalui harus sesuai dengan peruntukannya memenuhi kelas jalan yang ada, beban muatan sumbu terberat serta guna tertibnya administrasi pengoperasionalan angkutan barang di jalan sehingga terciptanya ketertiban keamanan dan keselamatan pengangkutan barang di jalan. (raw/6) 

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s