SKPD DIMINTA PROAKTIF LAPORKAN PROGRES KEGIATAN

TOBOALI – Kepala BP3MD Basel, Mangapul Sormin menghimbau kepada SKPD di Pemkab Basel untuk proaktif menyampaikan laporan progres setiap kegiatan yang dilaksanakan. Hal ini untuk mengetahui progres kegiatan di Basel secara umum.
Sormin mengakui jika pada Juli-Agustus lalu SKPD Basel belum menyampaikan laporan progres kegiatannya. Sehingga BP3MD langsung jemput bola ke masing-masing SKPD.
Menurutnya, secara rutin setiap tanggal 5 SKPD sudah melaporkan perkembangan kegiatan yang dilaksanakan dan tanggal 10 BP3MD akan melakukan monitoring dan evaluasi. Namun untuk dua bulan terakhir terjadi keterlambatan karena kemungkinan banyaknya agenda kegiatan. Ditanya tentang pernyataan Ketua Komisi C DPRD Basel yang menyebutkan penyerapan kegiatan Basel baru mencapai 30 persen pada Semester 2012?
Sormin mengakui hal tersebut. Namun dirinya memastikan kegiatan fisik akan terlaksana semuanya dan tidak akan membebankan pada APBD Basel. Apalagi untuk kegiatan dengan pagu dana Rp200 juta saat ini sudah dapat dilakukan PL (penunjukan langsung) berdasarkan Perpres No 17 tahun 2012.
“Jika sebelumnya kegiatan Rp200 juta harus melalui lelang di LPSE, kemungkinan memakan waktu lama, namun Perpres yang baru untuk kegiatan tersebut tidak lagi melalui lelang sehingga kegiatan dapat berjalan dengan cepat,” jelasnya.
Sebelumnya, DPRD Basel mewanti-wanti Pemkab Basel untuk segera melaksanakan proyek-proyek fisik tahun 2012 ini. Pasalnya hingga bulan kedua semester kedua ini penyerapan fisik Bangka Selatan baru mencapai 30% saja. Demikian dikatakan Ketua Fraksi PKS, H Kapid Maid belum lama ini kepada wartawan. Menurutnya, jika kegiatan fisik apalagi yang bersumber pada dana DAK (Dana Alokasi Khusus) yang tidak terselesaikan maka akan membebankan pada ABPD Basel.
“Kita minta Pemkab Basel lebih konsentrasi untuk menyelesaikan kegiatan fisik apalagi yang bersumber dana DAK, nantinya kegiatan tidak selesai dan dibebankan kepada APBD,” kata Politisi PKS ini. Sementara itu, Sekda Basel, Ahmad Damiri dikonfirmasi menegaskan Pemkab Basel memastikan semua kegiatan fisik yang bersumber pada dana DAK akan berakhir pada pertengahan Desember 2012 mendatang.
Jika tidak, tegas Damiri, Pemkab Basel lebih memilih menghentikan kegiatan tersebut alias tidak dilakukan pelelangan dari pada tidak selesai pada waktu yang ditentukan. Meski begitu, Pemkab Basel melalui BP3MD akan melakukan evaluasi secara rutin per triwulan sejauh mana perkembangan kegiatan fisik di masing-masing SKPD Basel.
Damiri juga mengakui jika petugas LPSE Basel terkesan lamban melaksanakan proses lelangnya. Namun begitu tentu ada penyebab keterlambatan. “Memang LPSE kita masih lamban, tetapi mungkin keterlambatan itu karena persyaratan lelang yang belum lengkap atau persyaratan lainnya yang menyebabkan keterlambatan, tetapi evaluasi BP3MD tetap berjalan secara rutin di masing-masing SKPD, tentunya kita tidak mau mengambil resiko bila kegiatan tersebut tidak selesai dikerjakan maka tidak akan kita lakukan pelelangan dari pada nanti tidak selesai dan akan membebankan APBD, tetapi kita tegaskan bahwa semua kegiatan fisik akan berakhir pada pertengahan Desember mendatang,” imbuhnya. (raw/6) 

Iklan
By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s