REALISASI PAJAK SARANG BURUNG WALET BARU 19 %

TOBOALI – Selama 2012, realisasi pendapatan dari sektor pajak sarang burung walet daerah Bangka Selatan (Basel) baru mencapai 19 persen atau Rp47,62 juta dari target pajak Rp250 juta. Menurut Sekretaris Fraksi PKS DPRD Basel, Samsir, minimnya realisasi target pajak ini telah menjadi masalah akut setiap tahunnya, dimana para wajib pajak kerap mengeluh seperti gagal panen maupun saat ini harga turun. “Sebenarnya tidak masalah dengan harga turun berapapun karena pajak sarang walet ini dihitung dari persentase nilai jual dari produksi. Jadi jika harga turun dan produksi turun pasti nilai nominal pajak yang harus dibayarkan juga turun,” terangnya kepada wartawan, Sabtu(8/9).
 
Namun, jika tidak segera diambil kebijakan tegas untuk menggali potensi pajak sarang burung walet ini, Samsir kuatir keadaan ini akan terus berlanjut. Sebab, dia menilai keinginan stakeholder mengoptimalkan penagihan pajak sarang burung walet secara tegas masih kurang. “Kita sudah punya peraturan daerah pajak sarang burung walet, kita sudah punya retribusi izin gangguan dan kita sudah punya retribusi izin mendirikan bangunan. Kami menyakini hanya sekian persennya pelaku usaha sarang burung walet ini yang memiliki izin gangguan dan izin mendirikan bangunan. Ini pekerjaan rumah yang harus dilakukan bidang pendapatan untuk mendata kembali kewajiban wajib pajak dan wajib retribusi yang tidak taat,” tuturnya, seraya menegaskan pihaknya tidak mempersulit masyarakat atau pelaku usaha melainkan menegakkan aturan yang sudah ditetapkan negara atau daerah. “Jika memang tidak taat, instansi terkait yang berhubungan dengan pelanggaran dan ketidaktaatan terhadap peraturan tindak saja sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.
 
Sementara, Kabib Pendapatan Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Basel, Syarif Ali, mengatakan pihaknya akan terus menarik pajak sarang burung walet di Basel. “Di setiap kecamatan rata-rata  memiliki sarang burung walet, namun untuk pemungutan pajaknya sendiri masih terbilang rendah. Kita terus berupaya lebih meningkat, seperti sosialisasi Perda sudah dilakukan, serta sarana pungutan sudah disiapkan,” ujarnya, sembari menghimbau seluruh pengusaha sarang burung walet untuk meningkatkan antusiasme membayar pajak. (rb)
Iklan
By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s