Utamakan Belanja Non Fisik

TOBOALI – Fraksi PKS menegaskan keterlambatan penyusunan, penyampaian dan pembahasan KUA PPAS APBD Perubahan tahun 2012 berimbas kepada berkurangnya rentang waktu dalam menyelesaikan program fisik. Diperkirakan APBD Perubahan baru bisa dilaksanakan paling cepat akhir Oktober 2012 mendatang. Untuk itu, Fraksi PKS menyarankan agar semua program fisik yang belum memasuki masa pelelangan dengan alasan apapun agar dibatalkan dan diprogramkan pada prioritas program tahun selanjutnya.
Demikian dikatakannya dalam pendapat akhir Fraks PKS pada Penetapan Nota Kesepakatan KUA PPAS Perubahan tahun 2012 Selasa (25/9/2012). Samsir mengatakan adanya peningkatan Belanja Langsung (BL) sebesar Rp 39.274.031.325,- atau 12,14 % agar diprogramkan untuk kegiatan non fisik yang bersifat pengadaan yang pagu anggarannya sama dengan atau dibawah Rp 200 juta. Alasannya adalah penentuan pihak ketiga dapat dilakukan dengan penunjukan langsung sebagaimana dalam Perpres No 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Perpres No 54 tahun 2010.
Politisi PKS ini menyebutkan prediksi sisa lebih anggaran tahun berjalan dari hasil efisiensi pelelangan dan adanya program yang sudah pasti tidak bisa dilaksanakan tahun 2012 sebesar Rp13,5 M. Untuk itu, Fraksi PKS merekomendasikan agar dialihkan anggaran ke program non fisik atau fisik dibawah Rp200 juta untuk standar pelayanan minimum urusan wajib seperti Dinas Pendidikan dan Kesehatan untuk mempercepat pencapaian standar pelayanan minimum.
“Tentunya akan berimbas pada peningkatan indeks pembangunan manusia di Basel khususnya indeks pendidikan dan kesehatan, yang mendesak saat ini adalah pengadaan meubelair dan pembangunan ruang usaha kesehatan SD-SMA serta pengadaan alat penunjang rawat inap di setiap puskesmas” ujarnya. Sebelumnya, Selasa (25/9/2012) DPRD Basel menggelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Perubahan 2012. Penandatanganan yang dilakukan Wabup Basel Nursamsu dan Ketua DPRD Basel, H Ansyori Norman ini terbilang cepat lantaran Pemkab Basel baru pada Kamis (20/9/2012) mengajukan KUA PPAS Perubahan 2012. (raw/6)

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s