SEHARUSNYA BASEL SUDAH SURPLUS BERAS

Image
SAMSIR.ST,Anggota Komisi B DPRD Bangka Selatan

 

,BANGKA–Anggota Komisi B DPRD Basel Samsir mengungkapkan, dengan dimilikinya lahan sawah seluas 17.000 hektar oleh kabupaten Basel saat ini, kabupaten ini seharusnya sudah mengalami surplus beras.

Dari  jumlah penduduk berdasarkan data terakhir  tahun 2012, lebih kurang 190 ribu jiwa. Yakni, berdasarkan standar nasional  diasumsikan kebutuhan beras per jiwa 110 Kg per tahun atau total beras yang dibutuhkan se Basel  kurang lebih 20.900.000 Kg per tahun.

“Seharusnya dengan areal percetakan sawah yang kurang lebih 17.000 haktar dengan asumsi yang baru berproduksi 50 % saja sudah ada stock beras daerah sebanyak 42.500.000 kg dalam 1 tahun . Dengan asumsi ini seharusnya Bangka Selatan sudah surplus beras sebanyak 21.600.000 kg dalam satu tahun,” ungkap Samsir, Kamis (7/2/2013).

Samoai saat ini lanjutnya, di Bangka Selatan di setiap distributor dan toko belum ditemukan ada yang menjual beras lokal. Alhasil, ini menjadi pekerjaan rumah dan tanda tanya besar untuk Distanak dan legislatif dalam hal ini komisi B yang membidangi pertanian

 
By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s