PROYEK PERCETAKAN SAWAH DISINYALIR BERMASALAH

Proyek Percetakan Sawah Disinyalir Bermasalah
 
Proyek Percetakan Sawah Disinyalir Bermasalah
 
TOBOALI-Komisi B DPRD Bangka Selatan (Basel) mensinyalir, proyek percetakan sawah yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Basel, bermasalah. Ini terlihat dari tidak selesainya pekerjaan sesuai dengan program yang telah ditentukan.   “Percetakan sawah yang tadinya sudah dijanjikan sebesar 5000 hektar. Namun final terakhir hanya dialokasikan sebesar 500 hektar,” ungkap Sekretaris Komisi B, Samsir kepada wartawan, Senin (21/1).
 
Akibat itu semua sambungnya, alokasi dana pusat dalam areal percetakan sawah menurun. Selain itu, akibat adanya masalah percetakan sawah di Basel berimbas pada perluasan areal perkebunan lada tahun 2013. 
 
Dimana tahun 2012, Pemkab Basel mendapatkan bantuan Dirjen tanaman rempah sebesar 450 hektar dan Pemkab Bangka Selatan sangat diapresiasi oleh Kementrian Pertanian dan Perkebunan. Sehingga, mendapatakan penghargaan atas keberhasilan dan ketepatan waktu dalam pelaksanaan percetakan sawah tersebut. 
 
Dan Kementrian Pertanian dan Perkebunan sudah menjanjikan bantuan perluasan areal perkebunan sebesar 1000 haktar. Namun alangkah kagetnya, saat Komisi B ingin memastikan bantuan areal perluasan perkebunan lada tersebut dikurangi sangat significan dan hanya dialokasikan sebanyak 90 hektar. “Kalau dilihat dari sisi keberhasilan dengan adanya penghargaan sepertinya sangat bertolak belakang dengan alokasinya tahun 2013,” jelasnya.
 
Oleh karena itu Komisi B sangat mengharapkan, semua stakeholder yang ada agar menganalisa dampak saat akan membuat statement terhadap pelaksanaan program yang alokasi dananya berasal dari pusat. Karena menurutnya, akan menjadi salah satu elemen yang dipertimbangkan dalam pengalokasian selanjutnya.  “Karena ini sangat berdampak pada kepentingam daerah. Dan ini terbukti dengan sangat menurunya alokasi dana pusat dalam areal perkebunan lada dan percetakan sawah tersebut. Dimana perluasan cetak sawah dari 5000 haktar hanya 500 haktar dan perluasan areal perkebunan lada dari  1000 hanya 90 hektar,”jelasnya lagi.
 
Sementara itu Kepala Dinas Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Basel, Efendi Ali saat dikonfirmasi Radar Bangka, menolak memberikan komentar. (bim)
Iklan
By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s