2013, CETAK SAWAH BASEL DIPERKIRAKAN BERTAMBAH

 
sawah_tribunnews.jpg
 
BANGKAPOS.COM, BANGKA — Kuota pencetakan sawah baru untuk kabupaten Bangka Selatan (Basel), tahun 2013 yang awalnya ditetapkan Kementerian Pertanian (Kementan) hanya 500 hektar, dimungkinkan untuk mendapat penambahan.

Kabar baik mengenai kemungkinan bertambahnya kuota cetak sawah Basel ini didapatkan dari konsultasi Komisi B DPRD Basel dengan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan, Jumat (8/2/2013).

“Hasil konsultasi dan advokasi komisi B ke Dirjen Prasarana dan sarana pertanian (PSP) di  Kementrian pertanian, tentang kuota perluasan areal sawah di Bangka Selatan cukup memberikan angin segar dan peluang yang besar untuk dikabulkan dengan program re-lokasi percetakan areal sawah.  Walaupun secara kuantitas belum ditetapkan, tetapi Dirjen prasarana dan sarana pertanian bapak Husni, sudah memberikan lampu kuning untuk penambahan areal cetak sawah melalui re-lokasi,” ungkap anggota Komisi B DPRD Basel, Samsir, kepada bangkapos.com, Minggu (10/2/2013).

Adanya peluang dan kesempatan mendapatkan tambahan kuota ini menurut Samsir, disebabkan adanya kebijakan baru dari Kementan melalui Dirjen PSP yang memperketat re-alokasi areal percetakan sawah lanjutan dengan persyaratan yang lebih berat, seperti realiasai program yang sama percetakan sawah harus berjalan baik pada tahun anggaran sebelumnya baik dari  kualitas dan kuantitas sesuai spesifikasi atau RAB yang sudah dikeluarkan melalui juklak juknis, tidak ada masalah dengan proses implementasinya di lapangan dan persyaratan tekhnis seperti kesiapan daerah dalam hal Survey investigation design (SID).

“Selain itu, program lain yang ada dilaksanakan di dinas pertanian daerah yang menggunakan dana pusat seperti dari tugas pembantuan, DAK, Bansos tidak ada yang bermasalah dan berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, efek dari kebijakan tersebut banyak daerah yang dinolkan pencetakan sawah barunya oleh pusat dikarenakan tidak memenuhi persyaratan yang dipersyaratkan Kementan.

“Bangka Selatan sendiri meraih penghargaan yang diberikan oleh presiden sebagai kabupaten yang terbaik dalam program percetakan sawah tahun 2011, dan tahun 2012 juga selesai 97 persen. Dari kesiapan lahan Basel sudah mengalokasi anggaran dari Apbd 3000 haktar untuk SID baru sebagai sharing budgeting. Melihat prestasi dan kesiapan Basel memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapat re-lokasi percetakan sawah tersebut, asalkan segera membuat proposal pengajuan cetak sawah baru sesuai dengan yang dibutuhkan pada tahun 2013,” papar Samsir.

Sehubungan dengan adanya peluang penambahan kuota cetak sawah tersebut, pihaknya dari komisi B akan segera menyarankan kepada pemerintah Basel melalui dinas pertanian dan peternakan untuk membuat proposal yang diminta oleh Dirjen PSP tersebut.

“Kami komisi B optimis setelah kami adakan advokasi ke Dirjen PSP ini kuota percetakan sawah akan ada re lokasi dan penambahan sebagaimana yang sudah dijanjikan walaupun kuantitasnya belum ada dan ini akan ditentukan setelah proposal disampaikan. Mudah-mudahan ini dikabulkan,” ucapnya.

 
Iklan
By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s