Per juni 2013 produktivitas sawah yang ada di bangka selatan baru mencapai 4000 kgs/ hektar/ tahun sedangkan target nasional melalui kementrian pendidikan sebesar 10.500 kgs/hektar/tahun. Dengan luas lahan yang sudah berproduksi sampai tahun ini adalah kurang lebih 4.500 haktar.

Produktiivitas sawah kabupaten bangka selatan adalah sebesar 4000 kgs/hektar/tahun x 4.500 hektar adalah 18.000.000 kgs ( 18.000 ton ). Sedangkan standard kebutuhan beras / jiwa / tahun adalah 110 kgs maka dengan jumlah penduduk bangka selatan per tahun 2012 ( sensus terakhir ) berjumlah 190.000 jiwa maka dengan asumsi tersebut maka bangka selatan membutuhkan beras untuk swasembada pangan sebanyak = 190.000 x 110 kgs adalah 20.900.000 kgs/hektar/tahun. Dengan demikian maka kekurangan produksi beras untuk mencukupi kebutuhan beras bangka selatan pertahun adalah sebesar. 20.900.000 – 18.000.000 = 2.900.000 kgs lagi.  

Untuk mengejar target swasembada beras tersebut jika ingin dicapai dengan program ektensifikasi ( perluasana areal persawahan ) maka hanya diperlukan kurang lebih 725 haktar lagi untuk mencukupi kekurangan produksi sebesar 2.900.000 kgs tsb dengan asumsi dengan produktivitas sama sebesar 4000 kgs perhaktar pertahun.

Dan apabila ingin dicapai dengan program intensifikasi maka hanya perlu meningkatkan produktivitas sawah perhektar pertahun sebesar 650 kgs per hektar pertahun dengan asumsi jumlah lahan produktive yang sama 4500 hektar.

Namun nampaknya dinas terkait tidak mempunyai keinginan yang keras untuk bisa mencapai target swasembada beras tersebut , ini terbukti sudah berapa kali kita melakukan konsultasi dan advokasi untuk mengajukan perluasan areal persawahan untuk program ekstensifikasi belum pernah ikut bersama-sama ke dirjend sarana dan prasarana pertanian. Awal tahn 2013 komisi B berangkat untuk mengadvokasi tambahan cetak sawah yang dijanjikan sebanyak 5000 haktar dan hanya dijanjikan 2000 haktar juga tidak dihadiri oleh dinas pertanian, dan hari rabu tgl 31 juli 2013 kembali kami ke dirjend yang sama untuk memfolow up janji dari dirjend tersebut juga tidak ikut bahkan telpon pun tidak aktif.

Dan untuk mencapai target swasembada beras dengan program intensifikasi ( peningkatan produktivitas sawah yg ada ) jalan satu-satunya bagaimana bisa menguatkan kelembagaan petani dalam hal ini kelompok tani dan gabungan kelompok tani. Dan di kementrian juga ada menu tugas pembantuan untuk penguatan kelembagaab petani kurang lebih 100 jutaan. Yang ada selama ini kelompok tani hanya berperan dan berfungsi saat ada program cetak sawah dari dana bantuan sosial. Dan setelah itu tidak dan kurang berfungsi.

Kami sebagai anggota komisi B dan sekretaris fraksi PKS DPRD bangka selatan menyarankan kepada dinas terkait dalam hal peningkatan produksi beras Dengan memfokuskan pada program intensifikasi pertanian dengan meningkatkan produktivitas lahan produktive yang 4.500 haktar tersebut Dengan kegiatan

1. Mengadakan koordinasi dengan dinas Pekerjaan umum yang membidangi Sumber daya Air dengan mengajukan sistim irigasi permukaan memanfaatkan sungai yang ada dengan membuat embung pada saluran primer sebagai persiapan pada saat sawah kekurangan air dengan pengairan menggunakan pompanisasi dan pipanisasi. Sehingga sawah bisa berproduksi 2 kali dalam setahun.

2. Segera ajukan dana tuggas pembantuan untuk penguatan kelembagaan petani yang berkoordinasi dengan badan penyuluh dan ketahanan pangan untuk membimbing para kelompok tani agar termotivasi untuk berproduksi.

3. Ajukan untuk pengadaan tenaga harian untuk memenuhi PPL sesuai kebutuhan dan pembiayaan ada di kementrian dan pengajuannya dari daerah.dan pos ini ada pos anggarannya di kementrian .

Dan kami sangat yakin jika ini dilakukan basel swasembada beras bisa terwujud. Tinggal bagaimana pemerintah kabupaten bangka selatan melalui dinas pertanian, badan penyuluhan dan ketahanan pangan serta dinas pekerjaan umum bisa membuat program yang terintegrasi dan jangan membuat program yang parsial yang mengandalkan ego sektoral seperti yang selama ini terjadi. Sehingga yang ada hanya kegiatan yg memiliki mind set proyek bukan ber mind set program.

Sent from My ipad , phone number 0813 2294 3174 / 0821 7878 7513.

By FRAKSI PKS DPRD BASEL 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s